Soal Ujian Balaghah (Bayan)
A. Pilihlah jawaban yang Anda anggap benar
1. Bayan merupakan ilmu yang paling awal dibukukan oleh seorang ulama bernama Abu Úbaidah Muámmar bin Al-Mutsanna dalam karyanya …
a. Dalailul Ijaz | b. Majaz Al-Qurán | c. Asror Al-Balaghah | d. Zawahirul Balaghah |
2. Kata al-Bayan secara etimologi mempunyai arti …
a. Ringkas | b. Indah | c. Makna | d. Jelas |
3. Di bawah berikut merupakan bidang kajian Ilmu Bayan, kecuali …
a. Tasybih | b. Kinayah | c. Jinas | d. Majaz |
4. “Sesuatu yang hendak diserupakan” merupakan pengertian dari …
a. وجه الشبه | b. أداة التشبيه | c. المشبه به | d. المشبه |
5. خَالِدٌ كَالْاَسَدِ فِي الشَّجَاعَةِ kata الشَّجَاعَةِ pada contoh tersebut merupakan unsur tasybih, yaitu …
a. وجه الشبه | b. أداة التشبيه | c. المشبه به | d. المشبه |
6. Tasybih yang adat tasybihnya disebutkan merupakan pengertian dari tasybih …
a. Mursal | b. Muakkad | c. Mufashshal | d. Mujmal |
7. فَكَاَنَّ لَذَّةَ صَوْتِهِ وَ دَبِيْبَهَا سِنَةٌ تَمْشِي فِى مَفَاصِلِ نُعَّسٍ contoh tersebut termasuk ke dalam tasybih …
a. Mursal | b. Muakkad | c. Mufashshal |
d. Mujmal
|
8. كَأَنَّكَ شَمْسٌ وَ الْمُلُوْكَ كَوَاكِبٌ إِذَا طَلَعَتْ لَمْ يَبْدُوْ مِنْهُنَّ كَوْكَبُtujuan tasybih dari contoh tersebut adalah …
a. بيان امكان المشبه | b. بيان حال المشبه | c. تزيين المشبه و تقبيحه | d. بيان مقدار المشبه |
9. لَا تُنْكِرِي عَطَلَ الْكَرِيْمِ مِنَ الْغِنَى فَالسَّيْلُ حَرْبٌ لِلْمَكَانِ الْعَالِي contoh tersebut termasuk ke dalam tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
10. وَ كَاَّنَ الْهِلَالَ نُوْنُ لُجَيْنٍ غَرِقَتْ فِي صَحِيْفَةٍ زَرْقَاءَ contoh tersebut termasuk ke dalam tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
11. Tasybih yang adat tasybih dan wajhu syibahnya dibuang adalah tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
12. “Salah satu bentuk tasybih yang dibuang adat tasybihnya” merupakan pengertian dari tasybih …
a. Mursal | b. Muakkad | c. Mufashshal | d. Mujmal |
13.“Suatu jenis tasybih yang menjadikan posisi musyabbah sebagai musyabbah bih dengan anggapan wajhu syibah pada musyabbah lebih kuat” adalah pengertian dari tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
14.مَا قُبِلَتْ عَيْنَاهُ إِلَّا ظُنَّتَا تَحْتَ الدُّجَى نَارَ الفَرِيْقِ حُلُوْلَا tujuan tasybih dari contoh tersebut adalah…
a. بيان امكان المشبه | b. بيان حال المشبه | c. تزيين المشبه و تقبيحه | d. بيان مقدار المشبه |
15. “Tasybih yang dibuang wajhu syibahnya” merupakan pengertian dari tasybih …
a. Mursal | b. Muakkad | c. Mufashshal | d. Mujmal |
16. “Tasybih yang keadaan wajhu syibahnya terdiri dari gambaran yang dirangkai dari keadaan beberapa hal” adalah pengertian dari tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
17. “Tasybih yang keadaan musyabbah dan musyabbah bihnya tidak dirangkai dalam bentuk tasybih yang dikenal, melainkan keduanya hanya berdampingan dalam susunan kalimat” adalah pengertian dari tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh |
d. Dhimni
|
18. يَهُزُّ الْجَيْشُ حَوْلَكَ جَانِبَيْهِ كَمَا نَفَضَتْ حَنَاحَيْهَا الْعُقَابُ contoh tersebut termasuk ke dalam tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
19. وَ الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِه لَا يَسْتَجِبُوْنَ لَهُمْ بِشَيْءٍ إِلَّا كَبَاسِطِ كّفَّيْهِ إِلَى الْماءِ لِيَبْلُغَ فَاهُ وَ مَا هُوَ بِبَالِغِه Ayat Al-Qur’an Surat Ar-Rad:14 tersebut termasuk ke dalam contoh tujuan tasybih…
a. بيان امكان المشبه | b. بيان حال المشبه | c. تقرير حال المشبه | d. بيان مقدار المشبه |
20. “Tasybih yang disebut wajhu syibahnya” adalah pengertian dari tasybih …
a. Mursal | b. Muakkad | c. Mufashshal | d. Mujmal |
21. وَ بَدَا الصَّبَاحُ كَاَنَّ غُرَّتَهُ وَجْهُ الْخَلِيْفَةِ حِيْنَ يُمْتَدَهُ contoh tersebut termasuk ke dalam tasybih …
a. Tamtsil | b. Maqlub | c. Baligh | d. Dhimni |
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah berikut.
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ilmu bayan!
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tasybih!
3. Jelaskan unsur-unsur tasybih dari contoh-contoh di bawah berikut:
اَنْتَ كَالشَّمْسِ فِى الضِّيَاءِ
الْعُمْرُ مِثْلُ الضَّيْفِ اوْ كَالطَّيْفِ لَيْسَ لَهُ اِقَامَة
4. Jelaskan macam-macam tasybih!
5. Jelaskan pembagian maksud dan tujuan tasybih!
6. Apa yang dimaksud dengan tasybih yang keluar dari kebiasaan!